Selasa, 19 November 2019

HEMPCRETE SEBAGAI INOVASI MATERIAL DI BIDANG KONSTRUKSI




HEMPCRETE SEBAGAI INOVASI MATERIAL DI BIDANG KONSTRUKSI


Latar Belakang
Proyek konstruksi dianggap paling memiliki peran besar terhadap lingkungan di permukaaan bumi ini. Begitu juga dampak lain yang timbul dari penggunaan fasilitas bangunan serta pemilihan material bangunan yang terkait dengan peningkatan suhu di bumi. Oleh karena itu material bangunan yang ramah lingkungan adalah solusi material bangunan yang bisa mengurangi laju pemanasan global dan membenahi iklim mikro. Ganja atau cannabis sativa adalah tanaman budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan psikoaktif dalam tanaman ini. Namun, ternyata tanaman ganja dapat digunakan sebagai salah satu solusi material bangunan yang ramah lingkungan.
Serat ini memberikan manfaat tambahan tertentu; mereka memiliki sifat isolasi yang luar biasa dan karakteristik penumpahan air dan sangat bernapas. Dalam istilah praktis, ini berarti bahwa hempcrete yang sangat baik di mengatur iklim internal yang struktur dan juga menyediakan penduduk dengan udara bersih dalam mereka rumah atau bangunan. Juga menggunakan ini bahan bangunan Hasil dalam cetakan, rayap dan struktur bebas busuk kering.
Hempcrete juga memiliki kepadatan sangat rendah; itu adalah sekitar 85% kurang padat dari beton, sehingga dapat ditambahkan ke struktur, dan itu tidak akan mempengaruhi berat akhir drastis. Dan juga tidak rentan terhadap merosot seperti beton. Jadi pada gilirannya Anda dapat menggunakan bentuk bobot yang lebih ringan ketika membangun. Hal ini juga menciptakan jejak karbon negatif terutama bila digunakan bersama dengan kapur bahkan setelah struktur dibangun masih akan terus menghisap karbon dari lingkungan. Sampai bangunan benar-benar amat ketakutan.
Ada beberapa faktor tambahan seseorang menggunakan hempcrete untuk membangun dengan harus memperhitungkan. Pertama-tama, campuran ini tidak akan cukup kaku untuk mendukung seluruh struktur, begitu, itu harus digunakan bersama-sama dalam hubungannya dengan bingkai. Sebuah struktur internal terbuat dari beberapa bahan bangunan lainnya, untuk membantu mendukungnya. bingkai seperti biasanya terdiri dari kayu atau logam balok (kayu umumnya digunakan jika struktur yang dimaksud adalah rumah atau bangunan yang bertubuh kecil).

Dasar Teori

·          Ganja (cannabis sativa) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol.

·          Tanaman semusim ini tingginya dapat mencapai 2 meter. Berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina ada di tanaman berbeda (berumah dua).

·          Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja hanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut.



Sejarah

·          Catatan tertulis pertama tentang tanaman ganja berasal dari lempengan tanah liat yang ditulis dalam huruf paku (cuneiform) oleh bangsa Sumeria pada tahun 3.000 SM
·          Berdasarkan tinjauan historis, tanaman ganja pertama kali ditemukan di daratan Cina pada tahun 2737 SM. Masyarakat Cina menggunakan mariyuana untuk bahan tenun pakaian, obat-obatan, dan terapi penyembuhan seperti penyakit rematik, sakit perut, beri-beri hingga malaria.
·          Ganja baru resmi dicatat dalam kerajaan tanaman dengan nama ilmiah “cannabis sativa” oleh Carolus Linnaeus pada tahun 1753.



Kegunaan (Konstruksi)

·        Hempcrete adalah istilah baru dalam dunia konstruksi untuk menyebut produk alternatif dari serat ganja yang dapat menggantikan beton.
·        Hempcrete adalah merek dagang beton berbahan hemp yang diproduksi Limetechnology di Inggris.
·        Beton alternatif ini 7 kali lebih kuat dan 2 kali lebih ringan dibanding beton biasa. Kelebihan lainnya adalah lebih elastis dan lebih tahan retak dibanding beton biasa.

 

Kesimpulan
Pemanfaatan tanaman ganja bila diolah dengan benar khususnya di bidang konstruksi dapat mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan, karena dengan pemanfaatan serat tanaman ganja dapat diolah menjadi komposit yang berkualitas tinggi, pakaian, bahkan sebagai bahan dasar bodi mobil. Maka dari itu penulis menyimpulkan bahwa tanaman ganja harus dimanfaatkan dan diatur peredarannya khususnya di Indonesia dengan benar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Buruk Rokok

Kandungan zat kimia yang terdapat dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan Anda dan juga orang-orang di sekitar Anda. Bahaya mero...